Jakarta -- Di antara amal yang membuat seseorang mendapatkan keberuntungan adalah shalat, baik fardu maupun sunah. Allah berfirman, "Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka dan merekalah orang-orang yang beruntung." (QS al-Baqarah [2]: 5)

Mereka yang dimaksud ayat ini adalah orang yang beriman kepada hal gaib, mendirikan shalat, bersedekah dari sebagian hartanya, beriman kepada Alquran dan kitab sebelumnya, serta meyakini hari akhirat (QS al-Baqarah [2]: 2-4)

Shalat secara bahasa artinya "doa". Orang yang shalat berarti orang yang berdoa. Dalam hal ini, berdoa kepada Allah. Shalat ini ditujukan sebagai bentuk penghambaan dan pendekatan diri kepada Allah. 

Seperti dikatakan dalam hadis, orang yang shalat sesungguhnya tengah bermunajat kepada Allah. Ia tengah berhadapan dengan Allah. Karena itu, seluruh bacaan shalat adalah doa, zikir, dan bacaan Alquran. Tidak ada bacaan selain itu.

Orang yang shalat, seperti disebutkan di dalam ayat Alquran di atas, termasuk orang yang beruntung, tidak hanya dalam kehidupan dunia, tetapi juga dalam kehidupan akhirat.

Ia beruntung karena dengan shalatnya, Allah menjadi dekat dengannya, dan dengan shalatnya pula ia tercegah dari perbuatan keji dan mungkar atau perbuatan buruk, "Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar." (QS al-'Ankabut [29]: 45).

Orang yang telah dekat dengan Allah akan selalu dicintai oleh-Nya dan dilindungi dari hal-hal tercela, doanya selalu dikabulkan, dan dijauhkan dari hal-hal buruk. 

Jika kemudian ia tertimpa suatu cobaan, misalnya sakit, itu sejatinya ujian kesabaran dari Allah yang justru akan meningkatkan kualitas dirinya di hadapan Allah dan manusia. Dengan shalatnya pula, seseorang akan bersih lahir batin. 

Lahirnya bersih karena sebelum shalat ia selalu berwudhu, membasuh bagian-bagian wajah, tangan, kepala, dan telapak kaki, seperti disebutkan Alquran, "Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan salat, basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki." (QS al-Ma'idah [5]: 6). 

Dalam hadis bahkan dikatakan, shalat fardu lima waktu itu, seperti air sungai yang dipakai mandi seseorang sehingga ia selalu bersih dari kotoran. 

Orang yang shalat juga bersih batin karena kedekatannya dengan Allah melalui shalat, membuat hatinya selalu terpaut dan ingat Allah serta senantiasa mendapat cahaya petunjuk-Nya sehingga itu berimbas pada perilakunya. 

Hatinya jauh dari rasa dengki, takabur, riya, sum'ah atau prasangka buruk. Hatinya selalu diisi dengan Alah, rasa syukur, ikhlas, dan prasangka baik. Hati dan perilakunya selalu terkontrol dan ketika suatu saat berbuat salah ia segera sadar dan kembali kepada Allah.

Tentu saja shalat yang dimaksud di sini adalah shalat yang diiringi hati yang penuh kekhusyukan dan ketawadhuan, sementara lahirnya bersih dari hadas kecil dan besar serta mengikuti tuntunan Allah dan Rasul-Nya.  

Jadi, bukan shalat main-main atau sebatas menuntaskan kewajiban, setelah itu tetap melakukan perbuatan buruk. Wallahualam.

Sumber:republika